Senin, April 30

Software Accurate : Input DP/Uang Muka Pembelian melalui PO



Accurate Software Akuntansi


Bagaimana input Uang Muka atau Down Payment Pembelian melalui PO, berikut ini langkah-langkahnya  dari Software Accurate :

  • Buat PO atau Pesanan Pembelian dari menu Activities | Purchase | Purchase Order, kemudian isikan informasi barang yang dipesan dari Vendor atau Pemasok beserta dengan harga, qty dan informasi lainnya.
  • Untuk input DP atau uang muka, pada PO tsb silahkan klik tombol Down Payment.
  • Jika pertama kali input DP melalui PO, maka akan dikonfirm Select DP Account, silahkan tentukan untuk akun uang muka pembelian tsb akan ditampung ke akun apa. Umumnya akan diset ke Uang Muka Pembelian atau Advance Purchase, dengan tipe akun Piutang atau Account Receivable yang telah dibuat di Daftar Akun.
  • Setelah itu akan tampil form Vendor Payment atau Pembayaran Pemasok. Silahkan pada bagian Payment Amount isikan nilai DP yang dibayarkan kepada Vendor, selanjutnya Save and Close.
  • Jika di kemudian hari PO tsb akan diproses ke RI (Penerimaan Barang) ataupun PI (Faktur Pembelian), maka tarik PO tadi ke RI, lalu lanjutkan ke PI.
  • Supaya DP memotong Faktur Pembelian(Purchase Invoice), sebelum Save and Close Purchase Invoice, klik button Sattlement terlebih dahulu dan pilih Yes untuk konfirmasi DP akan memotong nilai terutang Faktur. Save&Close Faktur.

Catatan :


  1. Jika nilai faktur sama dengan nilai DP, ketika klik Vendor Payment di form Purchase tsb, akan ada konfirmasi There is No Invoice Owing to be Paid, karena Faktur sudah lunas dengan Sattlement DP.
  2. Jika nilai DP lebih kecil dari nilai faktur, setelah klik Settlement dan membuat Vendor Payment maka nilai owingnya telah terkurangi oleh DP yang telah di sattlement.

Jika Anda membutuhkan Software Accurate , presentasi (demo Software Accurate ), training atau implementasi Software Accurate , silahkan menghubungi saya:
Supandi
Telp     : 021-5308617 / 70404100
Fax     : 021-5308619
Sms     : 083877177119
BBM   : 274134C7 
E-mail : marketing@asc-intl.com