Rabu, Mei 2

Software Accurate : Cara Daftar kode Pajak


Accurate Software Akuntansi



Daftar Kode Pajak (Taxes) adalah Tabel yang menampilkan Kode Pajak. Kode Pajak berfungsi utnuk menghitung Pajak secara otomatis dan akan dicatat ke dalam Default Account yang dipilih.

Kode Pajak (Tax Codes) yang dapat ditampilkan dalam Daftar ini adalah :

  1. Kode Pajak PPN : Jika aktifitas pembelian dan penjualan di Perusahaan Anda dikenakan PPN, maka Anda dapat membuat Kode untuk PPN tersebut agar pada saat Anda mencatat transaksi pembelian atau penjualan, Anda dapat menginput kode ini pada Formulir Pembelian atau Penjualan sehingga Software Accurate dapat menghitung dan menampilkan nilai PPN pada Formulir Pembelian dan Penjualan tersebut secara otomatis.

  1. Kode Pajak PPnBM : Jika aktifitas pembelian dan penjualan di Perusahaan Anda dikenakan PPnBM, maka Anda dapat membuat Kode untuk PPnBM tersebut agar pada saat Anda mencatat transaksi pembelian atau penjualan, Anda dapat menginput kode ini pada Formulir Pembelian dan Penjualan sehingga Software Accurate dapat menghitung dan menampilkan nilai PPnBM pada Formulir Pembelian dan Penjualan tersebut secara otomatis.

  1. Kode Pajak PPh 23 : Jika aktifitas pembelian atau penjualan di Perusahaan Anda dikenakan merupakan Objek PPh 23, maka pada Daftar ini Anda dapat membuat Kode untuk PPh 23 tersebut agar pada saat Anda mencatat penerimaan pelanggan atau Pembayaran Pembelian atas transaksi yang merupakan objek PPh 23, Anda dapat memilih kode pajak ini sehingga ACCURATE dapat menghitung dan menampilkan nilai PPh 23 yang dipotong pada formulir tersebut.


CARA MEMBUAT DAFTAR KODE PAJAK

Anda dapat membuat daftar kode pajak yang akan Anda gunakan dalam transaksi dengan mengikuti petunjuk di berikut ini:
a. Klik menu titama List — Others-Taxes-New

Isi formulir New Tax dengan mengikuti petunjuk di bawah ini:
  1. Name : Isi dengan nama Pajak. Misalnya: PPN
  2. Rate % : Isi dengan pesentase rate pajak tersebut.
  3. Code : Ketik kode pajak yang Anda inqinkan. Kode ini nantinya
    yang akan Anda gunakan path formula Purchase dan sales.
  4. Description : Kenk deskripsi sinqkat tentanq mak tersebut.
  5. Sales Tax Account : Pada kolom akun default yang akan mencatat pajak
    tersebut pada saat Anda mencatat kode pajak tersebut
    pada saat anda mencatat kode pajak path aktifitas pembelian.
  6. Purchase Tax Acc : Pada kolom ini pilih akun default yang akan mencatat
    pajak tersebut pada saat Anda mencatat kode pajak
    tersebut path Aktifitas pembelian.

C. Klik tombol OK untuk menyimpan Kode Pajak yang baru saja Anda input.

Kode pajak tersebut dapat Anda tampilkan di dalam formula yang berhubungan dengan penjualan seperti Sales Order, Sales invoice, Sales Return, dan yang berhubungan dengan pembelian seperti Purchase Order, Purchase Invoice dan Purchase Return. pada Kode Pajak ini nantinya akan menghitung Pajak secara otomatis dan akan dicatat ke dalam GL Account yang dipilih. Kode Pajak berhubungan dengan 3 form list yaitu Daftar Pelanggan (Customer List), Daftar Vendor (Vendor List) dan Daftar Barang dan .lasa (Item List).

Saat rnembuat transaksi pembellan dan penjualan yang berhubungan dengan pajak (PPN, PPh 23 Final, PPnBM) Anda tinggal memasukkan kode pajak yang Anda inginkan pada formula pembelian atau penjualan, maka ACCURATE secara otomatis akan menqhitung nilai pajak dengan cara mengalikan tarif pajak dan rnencatatnya ke akun default yang telah Anda tentukan.

Dengan Software Accurate pekerjaan anda akan menjadi mudah dan menyenangkan.!

Jika Anda membutuhkan Software Accurate , presentasi (demo Software Accurate ), training atau implementasi Software Accurate , silahkan menghubungi saya:

Supandi
Telp     : 021-5308617 / 70404100
Fax     : 021-5308619
Sms     : 083877177119
BBM   : 274134C7 
E-mail : marketing@asc-intl.com